Kamis, 25 Agustus 2011 – 09:20:39 WIB

HARAU, SO–Sejalan dengan tugas pokok dan fungsi dalam pembinaan teritorial masyarakat, anggota Koramil 05 Harau kabupaten Limapuluh Kota menyalurkan zakat maal kepada masyarakat miskin di kecamatan Harau, Rabu (24/8).

Penyaluran zakat kepada 110 keluarga miskin ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0306 Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Komandan Koramil 05 Harau, Camat Harau, dan wali nagari sekecamatan Harau.

Kapten (Inf) Hariadi selaku Komandan Koramil 05 Harau mengatakan bahwa zakat berasal dari zakat penghasilan setiap anggota Koramil sebesar 2,5% yang telah dikumpulkan selama satu tahun. “Pembagian zakat ini merupakan kewajiban setiap umat Islam. Dana zakat yang disalurkan pada hari ini berjumlah Rp 10.500.000,- yang disalurkan dalam bentuk 10 kilogram beras dan pengganti uang transport”, ujar Hariadi.

Ketua DPRD Darman Sahladi mengapresiasi acara tersebut. “Acara penyaluran zakat ini sangat membantu usaha pemerintah dalam pemberantasan kemiskinan. Dimana tugas ini telah dilaksanakan secara terus-menerus oleh pemerintah pusat dan daerah”, tegas Darman.

Selain itu, beliau berharap kegiatan ini dilakukan secara berkala. Tidak jauh berbeda, Bupati Lima Puluh Kota juga mengucapkan terima kasih kepada anggota Koramil 05 Harau.

“Ini merupakan makna dari pembinaan teritorial yang dilakukan TNI dalam bidang sosial. Zakat merupakan kewajiban manusia yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan”, tegas Alis.

Dalam kesempatan yang sama, Alis Marajo juga menghimbau masyarakat untuk tidak meributkan perbedaan yang ada di dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota.

Komandan Kodim 0306 Kabupaten Lima Puluh Kota, Letnan Kolonel (Inf) Isdon Handoko mengatakan bahwa acara ini merupakan keinginan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk dekat dengan masyarakat.

“Pembagian zakat maal ini jangan dinilai dari jumlah yang dibagikan, tetapi lebih kepada hubungan baik anggota TNI dengan masyarakat di Kecamatan Harau ini”, tutup Letkol Isdon.

Dalam acara pembagian zakat ini, kepada para Mustahiq dibagikan kupon. Acara berlangsung tertib dan masyarakat penerima zakat merasa terbantu dalam persiapan menghadapi Lebaran 1432 H ini.

Dilaporkan: mamad

Iklan