Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Rabu, 30 November 2011   Kodim 0306/ 50 Kota – Dalam rangka membudayakan menanam dikalangan masyarakat. Komandan Kodim 0306 bersama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, Selasa 28 November 2011 menggelar acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di bumi tempat pelaksanaan paralayang , nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh yang disebut dengan gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Penanaman satu milyar Pohon ( One Billion IndonesianTrees). Pelaku penanaman saat itu , mulai dari Bupati Lima Puluh Kota dr.Alis Marajo Dt.Sori Marajo, Dandim 0306, Kapolres Lima Puluh Kota, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pati dan TNI, POLRI, Organisasi Masyarakat, Kelompok Tani,Kelompok Wanita Tani, DWP, GOW, PKK, Persit, Bayangkari hingga  sampai kekalangan masyarakat dihadiri lebih kurang 500 peserta menanam pohon.

Dandim 0306/ 50 Kota dalam sambutanya menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan upaya mengatasi pemanasan global dan menanggulangi dampak perubahan iklim yang mulai mengancam kehidupan masyarakat, di samping itu juga upaya merubah mainset masyarakat yang pada awalnya memanfaatkan hasil hutan dengan menebang dan membakar hutan menjadi menanam dan memelihara serta merawatnya. Selanjutnya Bupati Lima Puluh Kota dr.Alis Marajo membacakan amanat tertulis Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan, mengatakan, Penanaman Satu Milyar Pohon pada tahun 2011 merupakan Gerakan nyata penanaman pohon secara massal yang bertujuan untuk ; menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor, konservasi keanekaragaman hayati ( biodeversty), penyerapan karbon di atmosfir untuk pencegahan dampak perubahan iklim, dan untuk mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.

Terjadinya banjir dan longsor dibeberapa daerah membuktikan bahwa Hulu DAS telah mengalami kerusakan. Guna mengatasi masalah tersebut, Kementerian Kehutanan telah meluncurkan berbagai program untuk perbaikan lingkungan, satu diantaranya adalah Gerakan penanaman Satu Milyar Pohon.

Pohon yang kita tanam, selain untuk mengendalikan longsor, dan banjir, tetapi juga dapat menyediakan sumber air bersih dimusim kemarau, maka perlu gerakan konservasi tanah, dan air melalui pembuatan empang, gekdam, Sumur resapan dan Biopori.

Hal ini penting agar air dari hujan, dan air limbah disekitar kita dapat meresap kebumi, sehingga tidak mengalir deras menjadi air permukaan yang sering kali menyebabkan banjir, erosi, dan tanah longsor.

Keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan penanaman pohon ini dapat dikatakan bahwa dalam pembangunan nasional tidak ada program primadona, karena pada dasarnya didalam pembangunan nasional itu terdapat keterkaitan antar sektor, dan semua sektor harus saling mendukung demi tercapainya tujuan pembangunan nasional, inilah yang kita sebut dengan kebersamaan.

Kegiatan penanaman pohon pada hari ini, merupakan wujud kebersamaan Kodim 0306 /50 Kota dengan pemerintah maupun masyarakat. Kebersamaan seperti itu perlu terus kita bina dan kembangkan, sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang baik, dan dengan kesadaran sendiri berperan aktif dalam rehabilitasi hutan dan lahan.

Maksud dari kegiatan ini seperti di laporkan Ketua pelaksana Kapten Inf Kusmiyanto (Pasi Teritorial Kodim 0306/ 50 Kota) adalah untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global.

Sementara tujuannya, menumbuh kembangkan budaya menanam dan cinta menanam sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang melekat pada kehidupan sehari-hari generasi muda dan setiap lapisan masyarakat. Kemudian mengajak dan mendorong partisipasi generasi muda dan masyarakat luas untuk secara bersama-sama peduli terhadap kelestarian lingkungan dan upaya pengurangan dampak pemanasan global.

Di jajaran Kodim 0306/ 50 Kota telah pula terlaksana kegiatan penanaman melalui Koramil  menanam bersama Aparat pemerintah setempat dan masyarakat dan hampir semua unsur masyarakat luas. Realisasi kegiatan penanaman yang di gelar Dandim 0306/ 50 Kota bersama Bupati Kab Lima Puluh Kota sebanyak 2000 pohon yang terdiri dari berbagai jenis pohon keras maupun pohon produktif lainya.

Iklan