Padang Ekspres  Senin, 05/12/2011 – 13:12 WIB

Ruas jalan dari Kecamatan Pangkalan menuju Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, terutama yang berada di Nagari Gunuang malintang, dilaporkan sangat rawan diterpa longsor, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi.

Kondisi itu mendapat perhatian serius dari Kodim 0306 Limapuluh Kota dan PT Perkebunan Nusantara Unit Usaha VI Pangkalan. Perhatian ditunjukkan kedua pihak, dengan menaman pohon di tebing maupun pinggir jalan Pangkalan-Kapur IX, sepanjang Sabtu (3/12) siang.

Dandim 0306 Limapuluh Kota Letkol Inf Isdon Handokko melalui Danramil 02 Pangkalan Kapten Joni Forta mengatakan, pohon yang ditanam TNI bersama PTPN VI di tebing maupun di pinggir jalan Pangkalan-Kapur IX mencapai 1.500 batang.

Selain di jalan Pangkalan menuju Kapur IX, Kodim 0306 juga menanam sekitar 5.000 pohon di seluruh Limapuluh Kota. Penanaman pohon itu dikoordinir 8 Koramil dengan melibatkan ratusan Babinsa dan masyarakat nagari maupun jorong.

Manager PTPN VI Pangkalan Sukrial Lubis didampingi Asisten Afdelling I Heri Kurniawan, Asisten Afdelling II Sustrio Sosiawan, Kepala TU Afrizon, Kepala Pabrik Rahmad Safeudin dan bagian humas Zainudin, mengaku senang bisa bekerjasama dengan TNI dalam menjaga keseimbangan alam.

“Sebelum menanam 1.500 pohon bersama TNI, kami melalui program Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan, juga telah menanam 10.500 batang pohon di Nagari Gunuang malintang. Ini dilakukan untuk penghijauan dan mengantisipasi banjir,” kata Sukrial Lubis.

Saat menanam pohon Sabtu siang, Kodim 0306 dan PTPN VI Pangkalan juga berbakti pada salah satu SD di Gunuang malintang, dengan menabur cangkang sisa pembakaran pabrik karet di jalan menuju SD tersebut. Sebelum aksi itu dilakukan, PTPN juga memberi beasiswa untuk siswa tak mampu dari 7 sekolah.

“Beasiswa yang kita berikan sebesar Rp 6,75 juta. Beasiswa itu diberikan buat pelajar SD 03 dan SD 05 Gunuang malintang, SD 03 Pangkalan, SMP 03 Pangkalan, SMA 1 Pangkalan dan SMK 1 Pangkalan,” imbuh Sukrial Lubis.

Terpisah, Ketua DPRD Limapuluh Kota Darman Sahladi mengapresiasi upaya yang dilakukan Kodim 0306 maupun PTPN VI Pangkalan. Politisi yang akrab dipanggil Ladi itu berharap, kepedulian Dandim 0306/ 50 Kota dan PTPN VI Pangkalan, berharap dapat menumbuhkan budaya bagi masyarakat, instansi maupun BUMN lain. (frv)

Iklan